Senin, 25 April 2011

APPLE vs SAMSUNG

Baru-baru ini berita yang cukup hangat menjadi perbincangan di dunia TI adalah tentang pengajuan gugatan perusahaan Apple kepada Samsung dengan tuduhan pelanggaran hak cipta. Apple mengklaim produk-produk Galaxy Samsung berupa ponsel dan tablet telah mencontek produk Apple seperti iPhone dan iPad. Apple beranggapan bahwa Samsung telah menjiplak hasil karyanya (Apple) mulai dari segi desain, kemasan, serta interface pengguna. Karena itulah Samsung dianggap telah melakukan pelanggaran hak cipta, paten dan trademark.
Apple mengajukan gugatannya ke Pengadilan Distrik Northern California. Dalam tuntutannya, Apple membandingkan produk iPhone dengan 3GS dengan Samsung Galaxy S i9000 dengan memperlihatkan foto-foto kemiripan pada kemasan dan icon-icon untuk aplikasi seperti music, telepon, text, dan kontak. Dalam kasus ini diprediksi akan semakin meramaikan persaingan pasar smartphone dan tablet. Apple sempat mendominasi smartphone selama beberapa tahun, namun kini diambilalih pesaing yang menggunakan sistem operasi Android keluaran Google Inc. Khusus di pasar tablet, Apple diperkirakan masih akan mendominasi sampai 2015 meski terus menghadapi persaingan yang makin ketat.
Pertarungan antara Apple dan Samsung terus berlanjut. Kini perusahaan Samsung telah menuntut balik Apple. Samsung melakukan tuduhan serupa yaitu menuduh Apple terutama iPhone dan iPad telah melanggar paten teknologi mobile. Samsung menuntut konpensasi Apple. Samsung menduga Apple telah melakukan 10 pelanggaran hak paten.
Meskipun tengah perseteruan antara dua kubu, kedua vendor smartphone ini sebenarnya telah memiliki hubungan yang baik . pihak Samsung mengakui bahwa Apple adalah pelanggan besarnya. Bahkan beberapa produk Apple ternyata memakai komponen produk Samsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar