Minggu, 29 Mei 2011

WEB SEMANTIK

Semantik web adalah sekumpulan teknologi, yang memungkinkan computer memahami arti dari sebuah informasi berdasarkan metadata, yaitu informasi mengenai isi informasi. Dengan adanya metadata, computer mampu mengartikan hasil pemasukan informasi sehingga hasil pencarian menjadi lebih detail dan tepat.
Web semantik adalah salah satu bagian dari konsep WEB 3.0. WEB 3.0 ini tersusun dari dibawah ini antara lain :
• Web semantik
• Format mikro
• Pencarian dalam bahasa pengguna
• Penyimpanan data dalam jumlah besar
• Pembelajaran lewat mesin
• Agen rekomendasi, yang merujuk pada kecerdasan buatan Web
selain itu WEB 3.0 ini memiliki grafik 3 dmensi yang sama dengan dunia nyata tetapi belum diimbangi dengan kecepatan bandwidgth. Ada beberapa situs web yang sudah dilakukan yang mengarah ke WEB 3.0. konsep utamanya adalah memasukkan konsep web semantic dalam pengembangan WEB.
Website sangat berguna untuk memberikan berbagai informasi bagi semua kalangan manusia. Misalnya kita ingin mengetahui tentang keadaan berita dunia saat ini dengan mudah kita dapatkan melalui search engine dan dengan cepat segala informasi tentang dunia akan muncul. Tetapi dengan informasi lain yang bersifat kategori misalnya buku, informasi penjualan dan lain-lain masih menggunakan perintah manusia yang megerti bahasa manusia menggunakan natural language. Metode seperti inilah salah satunya yang ingin diubah oleh web semantic dimana web semantic memiliki informasi yang dimengerti oleh mesin yang memiliki kecerdasan buatan sehingga mampu menemukan segala informasi dengan mudah.
http://gafur-ago.blogspot.com/2010/03/web-semantik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar