Sabtu, 19 Maret 2011

E-LEARNING

e-learning mempunyai arti yang berbeda-beda. Banyak definisi e-learning yang dinyatakan oleh para pakar yang menguraikan tentang e-learning. Dari definisi-definisi yang muncul sebagian besar menpunyai satu arti tujuan. Jadi saya dapat menyimpulkan bahwa e-learning adalah proses belajar mengajar dengan memanfaatkan tekhnologi informasi seperti seperti internet.
Manfaat dari e-learning ini sendiri jelas sangat membantu proses belajar mengajar untuk masa kini. Hal ini karena mempermudah dalam mengakses informasi dan ilmu pengetahuan umum. Khususnya bagi para mahasiswa hingga siswa-siswa SD, SMP dan SMA. E-learning ini sangat berpengaruh positif bagi setiap orang karena pastinya dengan akses informasi semudah ini mereka akan terdorong untuk menggali informasi lebih dalam lagi sehingga ilmu pengetahuan mereka tidak hanya terpaku pada buku yang mereka pegang. E-learning tidak hanya digunakan untuk individu saja, tetapi dapat juga dengan membuat grup untuk belajar bersama. Tentunya hal ini digunakan dengan komunikasi online.
Adapun kelebihan dari menggunakan E-learning:
• Pencarian ilmu pengetahuan umum dengan mudah dan dapat dilakukan kapan saja.
• Menghemat waktu pembelajaran karena dengan e-learning ini mempercepat mencari sebuah jawaban dari setiap pertanyaan-pertanyaan yang muncul.
• Dapat menghemat biaya pendidikan seperti buku-buku.
• Dapat melatih kemandirian dalam mencari suatu ilmu pengetahuan.
Selain kelebihan, E-learning tentunya mengandung kelemahan pula seperti:
• Tidak semua orang dapat menjangkau metode ini dan menggunakannya dengan baik.
• Biaya awal penggunaan yang cukup mahal.
• Pemasangan media yang yang cukup lama karena menggunakan programming yang sulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar