Senin, 27 September 2010

TEORI DIGITAL

TEORI DIGITAL
Bicara tentang digital kini telah banyak alat-alat canggih berbentuk digital. Sebelumnya kita ketahui dahulu apa digital itu. Kata digital berasal dari bahasa Yunani yaitu Digitus yang berarti jari jemari. Yang memaknai jari jemari manusia yang berjumlah 10 yang dimana angka 10 terdiri dari 2 radix yaitu 1 dan 0. Digital merupakan gambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau on dan off. Konsep digital ini ternyata juga menjadi gambaran pemahaman suatu keadaan yang saling berlawanan seperti saklar listrik.

Contoh alat lain yang merupakan konsep digital adalah jam suatu alat ukur waktu yang dimana biasanya waktu diukur dengan menggunakan jarum penunjuk angka. Jam ini dapat disebut dengan jam analog. Tetapi sekarang banyak kita jumpai berbagai bentuk jam yang tampilannya berupa angka-angka. Inilah yang disebut jam digital.

Ada juga seperti kamera analog (manual) yang kini berkembang menjadi kamera digital. Perbedaannya hanya terletak pada media penyimpanannya. Kalau kamera analog atau manual cara penyimpanan data gambar atau foto masih menggunakan filem,jika kita ingin menikmati hasil jepretan dari kamera kita harus melakukan proses terlebih dahulu. Sementara kamera digital menyimpan data-data gambar dalam bentuk data digital yang bias langsung kita lihat hasil jepretannya. Biasanya kamera digital ini menggunakan kartu memori seperti MicroSD. Semua alat yang merupakan digital berjalan secara otomatis dan lebih praktis. Kini masyarakat lebih suka menggunakan alat-alat tersebut dibandingkan dengan alat yang masih berjalan secara manual.
Pada analog dan digital ternyata mempunyai perbedaan bentuk gelombang getaran energy yang merambat.

Sinyal digital merupakan sinyal yang berbentuk harga yang suatu saat bisa mengalami perubahan. Sinyal digital ini hanya mempunyai dua keadaan yaitu 1 dan 0 seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Sinyal ini hanya dapat mengirimkan data dengan jarak yang relative dekat. Sinyal ini dikenal dengan sinyal diskrit. Sinyal yang mempunyai dua keadaan ini bias disebut dengan bit. Sinyal analog adalah gelombang yang berurutan membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang yang parameternya adalah frekuensi dan amplitude. Jangkauan sinyal analog ini dapat menjangkau jarang yang cukup jauh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar