Minggu, 26 September 2010

TEKNOLOGI KOMPUTER

TEKNOLOGI
Teknologi adalah penggunaan dan pengetahuan alat-alat, teknik, kerajinan, system atau metode organisasi. Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani Technologie – techne artinya seni sebuah keterampilan atau kerajian dan Logia yang artinya studi tentang sesuatu atau cabang disiplin ilmu pengetahuan. Tekhnologi dapat dicontohkan dalam produk bahan misalnya suatu produk benda dapat disebut canggih. Pengembangan teknologi terbaru termasuk mesin cetak, telepon dan internet telah mengurangi hambatan fisik untuk berkomunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas pada skala global. Teknologi telah mempengaruhi masyarakat dan dalam beberapa cara. Didalam masyarakat, teknologi telah membantu mengembangkan lebih maju perekonomian. Salah satunya computer yang merupakan teknologi canggih masa kini yang banyak digunakan oleh masyarakat berbagai kalangan. Dari kalangan masyarakat kelas atas, kelas menengah bahkan tidak sedikit masyarakat kelas bawah yang telah mengenal teknologi computer. Kini computer telah menjadi bagian dari hidup manusia. Bayak orang yang menggunakan computer sebagai alat penunjang kebutuhan dan perkerjaan manusia.
KOMPUTER
Computer adalah sebuah perangkat alat yang digunakan untuk mengelola data sesuai prosedur atau ketentuan-ketentuan. Computer pertama kali dibuat pada tahun 1940-1945 yang besarnya satu ruangan penuh. Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, maka computer saat ini wujudny lebih kecil dan ringkas dan mempunyai fungsi yang lebih banyak. Seperangkat computer terdiri dari Hardware (perangkat keras) dan Software (perangkat lunak). Hardware adalah fisik dari computer. Seperti papan ketik (keyboard), mouse, layar (monitor) hingga printer. Berikut adalah penjelasannya :
• KEYBOARD adalah perangkat input pada komputer yang terdiri dari huruf, angka, simbol dan tombol kontrol. Keyboard didesain dengan desain QWERTY.
• MOUSE digunakan untuk memanipulasi objek dan teks lainnya yang terdapat pada layar computer.
• MONITOR digunakan untuk menampilkan berbagai data yang telah kita input ke computer.
• PRINTER digunakan sebagai alat pencetak atau output yang sebelumnya kita inputkan.

JENIS-JENIS KOMPUTER
Seiring berkembangnya jaman dan teknologi maka computer saat ini telah lahir dengan berbagai jenis seperti :
• Personal Computer (PC) atau Microcomputer yaitu computer yang didesain untuk dipakai perorangan. Banyak kita temukan di meja-meja perkantoran atau di sekolah-sekolah.
• Dekstop, didesain untuk dipasang secara permanen disuatu tempat.
• Laptop atau Notebook adalah sebuah computer PC yang didesain lebih fleksibel karena dapat berpindah tempat.
• PDA (personal Digital Assistant) yaitu computer yang didesain secara ringkas, lebih kecil tanpa keyboard karena pengoperasiannya dengan layar sentuh.

Kompeter bekerja berdasarkan intruksi dari si pengguna. Computer tersusun dari 4 bagian yang saling berhubungan :
• Unit control merupakan bagian pusat control beragam komponen computer.
• Unit Aritmatika dan Logika (ALU) bagian yang berfungsi untuk melakukan perhitungan matematika dan sebagai logika.
• Memori sebagai alat penyimpanan data dan informasi pada computer.
• Input dan Output digunakan untuk member informasi agar dapat diolah pada computer dan menyimpan hasil kerjanya.

Meskipun PC terdapat dalam berbagai bentuk, yang khas computer pribadi dalam bentuk menara (desktop) yang mengandung komponen-komponen seperti motherboard dan Power Supply. Power Supply mengkonversi alternating current (AC) tenaga listrik untuk daya DC tegangan rendah untuk komponen internal computer. Beberapa pasokan listrik memiliki tombol untuk mengubah antara 230V dan 115V. Motherboard merupakan komponen utama dalam computer. Sebuah papan persegi panjang dan besar dengan sirkuit terintegrasi yang menghubungkan seluruh bagian-bagian dari computer termasuk CPU, RAM, disk drive. komponen yang langsung melekat pada motherboard seperti:
• Central Processing Unit (CPU) sebagai yang melakukan perhitungan yang memungkinkan computer dapat berfungsi yang disebut sebagai otak dari computer.
• Chip Set sebagai penetral komunnikasi antara CPU dan komponen lainnya dari system, termasuk memori utama.
• RAM (Random Access Memory) sebagai tempat menyimpan semua proses yang berjalan (aplikasi ) dan OS yang sedang berjalan.
• BIOS termasuk boot firmware daya dan manajemen.
• Internal BUS menghubungkan CPU kebagian komponen internal dan ekspansi untuk kartu grafis dan suara.

PERANGKAT PENYIMPANAN PADA KOMPUTER
Perangkat penyimpanan yang paling umum pada koomputer adalah sebagai berikut:
• Flopy Disk merupakan disk persegi plastic. Disk ini mempunyai berbagai warna dan memegang sekitar 144 juta Byte.
• Zip Disk seperti floppy disk namun sedikit agak lebih tebal yang bias menampung sekitar 200 MB data.
• CD + R disk (Compact Disk Recordable) sebuah CD yang dapat merekam. Banyak digunakan untuk merekam audio. Compact disk ini hadir dengan berbagai ukuran.
• DVD – R Disk (Digital Video Recordable) disk sekitar 4,7 GB yang digunakan untuk merekam film.

PERANGKAT JARINGAN PADA KOMPUTER
Perangkat jaringan computer atau perangkat komunikasi yang merupakan jaringan komunikasi data. Alat ini seperti router, switch, hub LAN, kartu, gateway, modem hardwere, firewall CSU/DSU, ISDN terminal dan transceiver dalam Ethernet atau jaringan WAN. Komunikasi data tidak dapat dilakukan tanpa perangkat tersebut.
Router adalah sebuah prangkat komunikasi yang digunakan dua jaringan yang berbeda. Dua LAN dan dua WAN, LAN dan WAN. Fungsi utamanya adalah untuk memilah dan mendistribusikan paket data ke tujuan berdasarkan alamat IP. Switches adalah perangkat yang memetakan alamat IP dengan alamat MAC dari kartu LAN. Switch tidak menampilkan data kesemua computer. Computer dihubungkan langsung switch melalui kabel twisted pair dalam sebuah jaringan, switch menggunakan tiga metode untuk mengirimkan yaitu menyimpan data kedepan, memotong dan gratis fragmen. Modem adalah perangkat komunikasi yang digunakan untuk menyediakan konektivitas dengan internet. Cara kerja modem yaitu dengan modulasi dan demodulasi sinyal. Kartu LAN atau disebut dengan adapter jaringan. Computer tidak dapat berkomunikasi tanpa diinstal terlebih dahulu dan dikonfigurasi dengan kartu LAN. Setiap kartu LAN disediakan dengan alamat IP yang unik, subnet mask, gateway dan DNS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar