Minggu, 13 Februari 2011

SEJARAH WEB

Web pertama kali berkembang dari seorang tokoh bernama Tim Berners Lee yang menuangkan ide dan konsepnya. Ia adalah seorang peneliti pada CERN Particle Physics di Jenawa, Swiss. Ia membuat suatu proposal tentang sebuah system hypertext yang memiliki tiga komponen diantaranya adalah antarmuka yang konsisten untuk semua platform, akses informasi yang universal dan antarmuka yang menyediakan akses terhadap berbagai jenis dokumen dan protocol. Selanjutnya ia mengelaurkan konsep Mosaic berupa web browser grafis yang pertama. Pada dokumen web harus ditulis dalam suatu format khusus agar hypertext saling berhubungan untuk bekerja. Formatnya adalah Hypertext Markup Language (HTML). Pada saat itu tampilan web masih sangat sederhana. Web pada saat itu hanya berupa tampilan teks lalu untuk link hanya menggunakan nomor yang menghubungkan satu halaman ke halaman lain. Lalu semakin berkembangnya jaman semakin beragam pula tampilan dan penerapan teknologi berbasis dalam sehjarah web, web browser digunakan sebagai media untuk penelusuran. Yang pertama kali popular digunakan adalah internet explorer. Internet explorer merupakan aplikasi untuk mengakses web melalui computer. Seiring perkembangan saat ini sudah tersedia beragam web browser selain Internet Explorer, seperti mozilla firefox, google chrome, safari, opera dan sebagainya. saat ini akses web bukan hanya dapat digunakan melalui komputer melainkan juga sudah menjangkau hingga berbasis mobile. Baik berupa laptop, netbook, smartphone hingga handphone. Dengan begitu kemudahan akses web melalui beragam media mana saja, semakin membuat web bagian dari kebutuhan hidup masyarakat secara luas.

WEBSITE STATIK DAN WEBSITE DINAMIK

Website static merupakan bentuk website yang isinya tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala. Website static ini biasanya di maintain secara manual oleh beberapa software editor. Ada tiga kategori software editor yaitu elemen 1 penyunting teks, elemen 2 WYSIWYG editor dan elemen 3 editor yang sudah memiliki templat.
Website dinamik adalah sebuah website berkala. Informasi di dalamnya dapat berubah-ubah. Website ini dapat berhubungan antar user dengan berbagai cara atau metode HTTP cookies atau Variabel Database, sejarah kunjungan, variabel sesi dan lain-lain. Dapat juga langsung berinteraksi dengan form dan pergerakan mouse. Ada beberapa jenis sistem software yang dapat dipakai untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dynamic, beberapa diantaranya adalah ColdFusion (CFM), Active Server Pages (ASP), Java Server Pages (JSP) dan PHP, bahasa program yang mampu untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dinamis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar